Indonesian Writers Zone Adakan Lomba Menulis, Yuk Ikutan!

lomba menulis

Indonesian Writers Zone (IWZ), komunitas online yang berfokus pada bidang kepenulisan ini merayakan ulang tahun ketiganya dengan membuat tantangan menulis lagi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, komunitas yang didirikan oleh empat perempuan Indonesia ini memilih membuat serangkaian lomba menulis untuk merayakan hari jadinya. Harapan mereka, lomba menulis ini bisa meningkatkan semangat teman-teman penulis untuk menyelesaikan karya yang terbengkalai atau malah untuk mencoba genre baru yang belum pernah mereka selami sebelumnya.

Komunitas kepenulisan online yang berbasis pelatihan kepenulisan ini secara rutin telah membuat tantangan menulis bagi anggotanya, baik dalam tingkat media sosial, atau tingkat nasional. Setelah tahun sebelumnya bekerja sama dengan platform novel Cabaca, kemudian dilanjutkan dengan bekerja sama dengan beberapa penerbit mayor seperti Elex Media dan Gramedia untuk mengadakan parade webinar, tahun ini mereka menggandeng redaksiku.com.

Dimulai dengan tantangan kuis seputar tata bahasa yang berhadiah vocer diskon, training online, dan emoney yang dilakukan di grup Facebook Indonesian Writers Zone pada bulan April lalu, lomba menulis ini menjadi acara puncaknya.

Parade Nulis Domestic Romance (Pandora) 2024 yang merupakan kerja sama antara Indonesian Writers Zone bersama website Redaksiku.com dan Penerbit Cloverlinebooks ini merupakan gagasan untuk mendorong penulis untuk menyelesaikan karya dan mempromosikan karya tersebut dengan baik di media sosial. Dengan mengusung tema kisah rumah tangga yang saat ini sedang digemari pembaca, IWZ ingin mendorong penulis menciptakan karya yang bukan hanya mainstream, tapi juga memberikan pelajaran berharga untuk pembaca.

lomba menulis

Berbeda dengan lomba lain dalam bidang kepenulisan, pada lomba kali ini IWZ akan membimbing semua peserta tanpa terkecuali. Selain memberikan bimbingan lewat webinar, IWZ juga akan memberikan kritik dan saran terhadap naskah peserta. Dengan begini, penyelenggara berharap peserta bisa memperbaiki karya mereka dengan lebih baik lagi pada akhir periode lomba, sebelum masa penilaian.

Baca juga  7 Langkah Top Up Game di GostshopID, Mudah dan Terpercaya

Menang atau kalah sudah bukan lagi menjadi tujuan. Setelah kegiatan lomba ini selesai, panitia berharap peserta bisa menciptakan karya dengan lebih baik.

“Dengan adanya Pandora ini, kami berharap ada banyak Writerina yang tadinya bingung gimana memulai nulis, bisa nulis sampai selesai. Karena menulisnya bersama dengan peserta yang lain, pengalaman menulis akan lebih menyenangkan,” begitu menurut Franciarie, penanggung jawab kelas dan keuangan IWZ.

Perempuan yang sedang menyelesaikan naskah dengan genre domestic drama di salah satu platform ini juga menjelaskan, “IWZ juga akan memberikan arahan berupa materi kepenulisan dan cara promosi untuk memudahkan Writerina menyelesaikan naskah serta mengerti cara melakukan promosi yang tepat. Ini karena menurut banyak penulis promosi adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan.”

Dengan banyaknya fasilitas ini, IWZ dan Redaksiku.com juga tidak main-main dengan hadiah yang ditawarkan. Mereka memberikan total hadiah 4,5 juta rupiah, belum temasuk hadiah lain-lain dan esertifikat yang diberikan pada seluruh peserta, sesuai dengan tingkat keberhasilannya dalam menyelesaikan kegiatan ini.

Wah, kalau begitu, lengkap sekali yang diberikan oleh IWZ pada peserta lomba dama event kepenulisan Pandora 2024 ini, ya.

Tidak ada alasan bagi penulis mana pun untuk tidak mengikuti lomba ini. Target yang dikejar bukan hanya hadiah, tapi juga peningkatan kemampuan menulis.

Pendiri komunitas online Indonesian Writers Zone, Honey Dee juga menegaskan bahwa siapa pun, terutama penulis pemula, boleh mengikuti Pandora 2024.

“Semua penulis memiliki kesempatan yang samai untuk mengikuti dan memenangkan parade menulis ini,” tukas perempuan yang telah menghasilan tiga puluhan judul novel, baik yang telah dicetak menjadi buku atau yang beredar di platform novel online.

Baca juga  PAFI Kota Pamenang Berkontribisi Memperbaiki Kesehatan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *