Alasan Mengapa Harus ke Dental Clinic, Serta Apa Saja Perawatan Gigi yang Perlu Diketahui?

dental clinic perawatan gigi

Apa sih Manfaat Periksa Gigi Secara Berkala

Mulut menjadi salah satu bagian tubuh yang perlu diperhatikan. Sehingga, sangat perlu untuk rutin berkunjung ke dental terdekat. Biasanya, dokter akan membersihkan karang serta plak yang ada di gigi. Karena karang dan plak gigi adalah penyebab utama masalah lain di gigi serta gusi.

Selain itu, sang dokter juga biasanya memberikan saran untuk menjaga kebersihan gigi, termasuk memilih produk perawatan gigi yang sesuai. Kunjungan rutin ke dokter gigi membantu mencegah masalah gigi yang serius dan memelihara kesehatan gigi secara optimal.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Periksa Gigi ke Dokter Gigi?

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi rutin setidaknya setiap 6 bulan atau 2 kali dalam setahun, atau sesuai dengan arahan dokter gigi.

Namun, terdapat situasi khusus di mana segera memeriksakan diri ke dokter gigi menjadi penting, antara lain:

  1. Nyeri gigi yang persisten: Jika nyeri gigi tidak mereda dalam beberapa hari, konsultasikan segera ke dokter gigi untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.
  2. Pendarahan pada gusi: Gusi yang berdarah saat menyikat atau menggunakan benang gigi bisa menjadi tanda masalah gusi seperti radang atau penyakit periodontal.
  3. Cedera atau trauma pada gigi: Jika gigi mengalami patah, terjatuh, atau mengalami trauma fisik, segera periksakan ke dokter gigi.
  4. Perubahan warna atau tekstur gigi: Hal ini bisa menunjukkan masalah seperti karies atau erosi gigi.
  5. Nyeri pada rahang: Gejala ini mungkin menandakan degenerasi atau pembengkakan pada rahang.
  6. Sensitivitas gigi terhadap suhu: Jika gigi sensitif terhadap makanan atau minuman panas atau dingin, ini bisa jadi tanda masalah seperti kerusakan email atau penipisan pelindung gigi.
  7. Peradangan atau benjolan di mulut: Ini bisa menunjukkan infeksi atau masalah lain yang memerlukan perawatan cepat.
  8. Riwayat keluarga dengan masalah gigi: Jika ada riwayat keluarga dengan masalah gigi serius, dokter gigi mungkin menyarankan kunjungan yang lebih sering untuk menjaga kesehatan gigi.
Baca juga  7 Langkah Top Up Game di GostshopID, Mudah dan Terpercaya

Perawatan Gigi yang Perlu Kamu Ketahui

Ketika berkonsultasi dengan dokter gigi, biasanya akan dimulai dengan pertanyaan tentang kondisi kesehatan secara umum, karena banyak kondisi kesehatan dapat berdampak pada mulut, demikian juga sebaliknya.

Setelah itu, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan. Mereka akan memeriksa setiap bagian gigi untuk mencari masalah seperti kerusakan gigi, penyakit gusi, dan kondisi lainnya.

Jika ditemukan masalah, dokter gigi akan menjelaskan opsi pengobatan, perkiraan biaya, dan waktu yang dibutuhkan.

Perawatan Scaling dan Pembersihan Gigi

Perawatan scaling dan pembersihan gigi bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada gigi, termasuk partikel makanan, plak lunak, dan kalkulus keras (tartar). Dokter gigi menggunakan sikat berputar yang diolesi pasta abrasif untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Ini membantu mencegah penyakit gusi dan memberikan saran tentang menjaga kebersihan mulut hingga kunjungan berikutnya.

Sealants Fisura

Sealants melindungi gigi dari kerusakan. Mereka adalah lapisan plastik tahan lama yang ditempatkan di permukaan gigi, terutama gigi-gigi dengan celah dalam seperti geraham dan premolar. Sealants mencegah penumpukan makanan dan bakteri di celah gigi, dan biasanya direkomendasikan untuk anak-anak.

Tambalan Gigi

Kerusakan pada gigi yang menyebabkan pembentukan rongga diobati dengan tambalan gigi. Dokter gigi menggunakan bor untuk menghilangkan bagian gigi yang busuk, membersihkan rongga, dan mengisi dengan bahan pengisi seperti resin atau amalgam yang sesuai dengan warna gigi.

Restorasi Gigi

Rusak Restorasi gigi rusak bertujuan untuk mengembalikan penampilan, bentuk, dan fungsi gigi. Beberapa metode yang digunakan termasuk bonding, pemasangan veneer, dan mahkota gigi. Perawatan ini membantu gigi yang berubah warna atau bentuk tidak lazim menjadi lebih teratur dan menarik.

Perawatan Saluran

Akar Perawatan saluran akar dilakukan untuk mengatasi gigi yang rusak atau terinfeksi di dalam saluran akar. Selama prosedur ini, pulpa gigi yang sensitif dihilangkan, saluran akar dibersihkan, dan diisi dengan bahan pengisi untuk mencegah infeksi lebih lanjut. Setelah itu, gigi mungkin memerlukan mahkota untuk melindunginya dari kerusakan lebih lanjut.

Baca juga  5 Produk Sanitary yang Ada di Rumah Hunian

Ekstraksi Gigi

Gigi yang rusak atau membusuk parah mungkin perlu diekstraksi. Dokter gigi juga mungkin merekomendasikan ekstraksi untuk menangani gigi bungsu yang menyebabkan masalah. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal atau sedasi, tergantung pada tingkat kesulitan.

Pemasangan Gigi

Palsu Gigi palsu adalah solusi untuk menggantikan gigi yang hilang. Mereka dapat dilepas dan dipasang kembali, dan gigi tiruan baru mungkin diperlukan setelah beberapa bulan untuk menyesuaikan dengan perubahan tulang rahang.

Pemasangan Mouthguard Mouthguard adalah perangkat pelindung yang digunakan untuk mencegah cedera pada gigi, bibir, dan gusi. Mereka sering digunakan saat berolahraga untuk melindungi gigi dari benturan atau pukulan.

Implan Gigi

Implan gigi adalah opsi untuk menggantikan gigi yang hilang secara permanen. Mereka terdiri dari sekrup titanium yang ditanamkan ke dalam rahang dan gigi buatan yang terpasang di atasnya. Prosedur ini umumnya memerlukan beberapa kunjungan ke dokter gigi dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Perawatan Ortodontik Perawatan ortodontik dilakukan untuk memperbaiki kelainan pada posisi gigi dan rahang, seperti gigi yang menonjol atau tumpang tindih. Ini mungkin melibatkan pemasangan kawat gigi atau perangkat lainnya untuk memperbaiki posisi gigi dan meningkatkan penampilan senyum.

Lokasi Dental Terdekat

Tentu saja, kita tidak boleh asal memilih tempat pemerikasaan gigi. Alih-alih gigi sehat, salah memilih dental justru membuat gigi kamu bermasalah. Sehingga sangat penting dental clinic terpercaya dan berkualitas.

Nah, penulis akan merekomendasikan Happy Dental Clinic sebagai tempat perawatan gigimu. Tentu saja bukan tanpa alasan. Happy Dental Clinic sudah berdiri sejak tahun 2009, sehingga jam terbangnya tidak diragukan lagi.

Selain itu, lokasinya pun strategis karena memiliki cabang di mal – mal strategis. Saat ini ada 16 cabang yang bisa kamu datangi yaitu:

Baca juga  3 Jenis Kain untuk Digital Kain Printing

Mal Ciputra Jakarta

Baywalk Mal, One Belpark

Green Pramuka Square

Puri Indah Mal, Mal Ciputra Cibubur

Transpark Mal Bintaro

Sumarecon Mal Bekasi

Gading Serpong

Mal Kelapa Gading

PIK Avenue, Cilandak Town Square

Trans Studio Mal Bandung

Grand Indonesia

Summarecon Mal Serpong

Grand Batam Mal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *