3 Jenis Kain untuk Digital Kain Printing

Di era yang semakin berkembang seperti sekarang, digital printing adalah salah satu solusi cepat untuk mendapatkan bahan kain dengan motif yang sesuai. Tak heran kalau banyak pelaku industri tekstil sering memberikan pilihan digital kain printing ke pelanggannya.

Digital Kain Printing, Solusi Cepat dan Tepat

Dulu, sebelum adanya teknologi digital printing, menciptakan motif pada kain hanya dilakukan secara manual menggunakan alat cetak atau sablon. Prosesnya pun cukup panjang dan sedikit memakan waktu.

Beruntungnya terciptalah teknik digital kain printing yang menggunakan bantuan komputer. Selain lebih efektif, pengerjaan menggunakan komputer tentu saja jauh lebih cepat dibandingkan dengan pengerjaan manual.

Apa Semua Jenis Kain Bagus untuk Digital Printing?

Namun, meski digital printing adalah teknik yang populer, tidak semua kain cocok dengan teknologi ini. Sehingga perlu mengetahui jenis-jenis kain yang cocok digunakan sebagai media motif yang kamu inginkan.

1. Katun

Digital kain printing

Kain pertama yang bisa kamu pilih adalah kain katun. Kain ini berasal dari serat kapas. Tekstur kain katun mudah disetrika, sejuk serta tidak mudah luntur. Di dunia digital kain printing, katun adalah salah satu kain yang paling mudah digunakan.

Jika diaplikasikan menggunakan digital printing, tinta akan murah meresap dan membuat warna menjadi lebih menyala. Kain ini sendiri terbagi dalam beberapa jenis dengan kualitas yang beragam. Namun jenis katun yang digunakan adalah katun Jepang atau Osaka.

2. Satin

Digital kain printing

Ringan dan lembut menjadi alasan mengapa jenis ini paling banyak digunakan dalam teknik digital kain printing. Kain ini juga terluhat lebih glamor dan mewah dibandingkan jenis kain lainnya. Biasanya kain ini sering digunakan sebagai hijab atau scraft.

Baca juga  Indonesian Writers Zone Adakan Lomba Menulis, Yuk Ikutan!

Kain satin yang bagus untuk dijadikan media adalah kain silk satin. Namun seperti yang lainnya, kain silk satin juga terbagi dalam beberapa kelas. Dari semuanya kelas atau grade AAA menduduku puncak kualitas. Grade ini seakan memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadikan pakaian tampak mahal.

3. Rayon

Digital kain printing

Sekilas kain rayon agak mirip dengan kain satin. Namun bahan dasar pembuatan keduanya jelas sangat berbeda. Rayon berbahan dasar serat bambu. Jenis ini juga lumayan sering dijumpai di dunia digital kain printing.

Kain rayon biasa dipakai untuk bahan blus, rok ataupun dress. Bahannya yang lembut dan sejuk menjadi alasan mengapa kain rayon menjadi pilihan. Jenis ini juga memiliki daya serap tinggi sehingga mudah menyerap keringat.

Itulah jenis kain yang biasa digunakan untuk digital kain printing. Informasi lengkap bisa dilihat di https://www.inouiprint.com/id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *