12 Varian Loki di MCU, Nomor 10 Mirip Hulk

varian Loki yang ada di MCU

Jika kita berbicara tentang MCU, ia memiliki multiverse yang sangat luas dengan jumlah alam semesta yang hampir tak terbatas. Hal ini digambarkan dalam film-film MCU sejak fase 4. Sehingga tak heran kalau setiap karakter memiliki beberapa varian, tanpa terkecuali Loki. Ada banyak varian Loki di MCU, seperti yang digambarkan pada seriesnya.

Varian Loki di MCU

Loki, the Norse God of mischief, masuk ke dunia Marvel melalui komik dan kemudian diadaptasi menjadi karakter live-action yang diperankan oleh Tom Hiddleston. Sejak penampilan pertamanya di Thor (2011), Loki sering tampil dalam beberapa film MCU dan kemudian menjadi favorit penggemar.

Kepopulerannya ini membuat Loki memiliki seriesnya sendiri untuk melakukan petualangan. Terdapat 2 season dengan jeda setahun. Nah, di series inilah kita bisa melihat beberapa varian Loki di MCU. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Loki 2012

varian Loki yang ada di MCU

Dijuluki sebagai Varian L1130, ia adalah varian Loki di MCU yang kabur dari tahun 2012 saat Avengers mencoba mengambil Time Stone dengan kembali ke masa lalu. Ia adalah varian Loki yang selama ini kita semua ikuti di seri Loki. Loki oleh TVA adalah pelariannya menggunakan kubus Tesseract.

Dalam timeline-nya, dia tidak seharusnya melarikan diri dan menyaksikan peristiwa Thor: The Dark World dan Thor: Ragnarok di mana Loki memalsukan kematiannya dan akhirnya mati dalam peristiwa Avengers: Infinity War. Namun Loki ini tidak sama dengan yang kita lihat di seluruh MCU, seperti, peristiwa Thor: Ragnarok dan Thor: The Dark World, Infinity War.

2. Sylvie

varian Loki yang ada di MCU

Sylvie merupakan varian perempuan dari Loki yang diburu oleh Mobius dan agen TVA lainnya. Dia diambil oleh TVA saat masih kecil ketika dia bermain di Asgard, tapi masih belum diketahui mengapa dia ditangkap atau peristiwa Nexus apa yang menyebabkan dia ditangkap. Kemudian, Sylvie berhasil melarikan diri dari TVA dan memulai usahanya untuk menghancurkan TVA dan semua orang yang bertanggung jawab atasnya.

Hal yang menarik dari Sylvie adalah Sylvie terinspirasi dari Enchantress yang diciptakan oleh Loki sendiri di komik. Loki membuatnya yakin bahwa dia berasal dari Asgard dan telah dibuang ke Bumi untuk selama-lamanya. Bedanya dengan komik, karakter yang diperankan Sophia Di Martino ini adalah varian Loki di MCU.

3. Classic Loki

varian Loki yang ada di MCU

Salah satu varian Loki paling berkesan di Loki musim 1 adalah Classic Loki yang diperankan oleh aktor Richard E. Grant. Ia terlihat mengenakan kostum Loki dalam komik Marvel Journey Into Mystery #85 terbitan tahun 1952. Classic Loki menganggap dirinya pengecut dalam adaptasi ini karena dia tidak menghadapi Thanos

Dia kemudian melarikan diri ke luar angkasa dan berlindung di planet yang jauh. Akhirnya, dia menjadi kesepian dan mulai merindukan Thor saudaranya. Tetapi ketika dia mencoba meninggalkan planet itu untuk kembali ke Asgard, dia ditangkap oleh TVA. Loki klasik akhirnya menghilangkan sifat pengecutnya ketika dia melawan Alioth. Sayangnya ia tewas dalam pertarungan itu.

4. Kid Loki

varian Loki yang ada di MCU

Varian Loki di MCU lainnya yang menarik perhatian adalah Kid Loki. Sejauh ini, acara Nexus-nya adalah yang paling menarik dan sangat gelap. Ia mengaku telah membunuh saudaranya Thor. Dalam komik, ketika Loki meninggal, ia terlahir kembali dan saat remaja ia disebut Kid Loki.

Kid Loki menggunakan pedang ajaib sebagai senjatanya, yang kemudian diserahkan kepada Loki untuk melawan Alioth. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi padanya setelah peristiwa Loki, khususnya episode 5 Loki Season 1. Namun menurut rumor yang beredar, ada spekulasi bahwa ia mungkin akan muncul kembali di Young Avengers.

5. Vote Loki

varian Loki yang ada di MCU

Vote Loki memiliki penampilan komik pertamanya pada bulan Juni 2016 di Marvel Comics dengan serial berjudul sama. Komik ini merupakan sindiran kampanye presiden tahun 2016. Komik ini berfokus pada saat ia mencalonkan diri sebagai presiden dan Daily Bugle mencoba untuk mengungkap kebohongan dan tipu daya yang dia gunakan untuk memanipulasi orang.

Di musim 1 Loki, Vote Loki muncul sebagai pemimpin pasukan untuk menyerang bunker tempat Loki Klasik tinggal bersama teman-temannya. Vote Loki telah membuat kesepakatan dengan Loki Boastful tetapi mengkhianatinya pada akhirnya menyebabkan pertarungan penuh antara semua varian yang ada di sana.

6. Alligator Loki

varian Loki yang ada di MCU

Alligator Loki adalah varian Loki yang paling menarik karena menurut Boastful Loki, peristiwa Nexus Alligator Loki adalah memakan kucing tetangga yang salah. Ia juga membantu Loki 2012 dan kawan-kawan saat pertarungan antar varian Loki dengan menggigit tangan Vote Loki.

Dia pergi bersama Kid Loki untuk meninggalkan pertarungan di bunker. Berbeda dengan Kid Loki yang dirumorkan akan kembali ke film MCU, sangat tidak pasti apakah kita akan bertemu dengan Alligator Loki di kemudian hari.

7. Boastful Loki

varian Loki yang ada di MCU

Varian Loki di MCU ini menyebut dirinya sebagai Boastful Loki. Ia mengaku berhasil “Menaklukkan” Iron Man dan Captain America serta berhasil mengumpulkan semua Infinity Stone untuk dirinya sendiri. Alligator Loki langsung menyebutnya pembohong. Namun tanpa ucapan Alligator Loki, nampaknya sangat kecil kemungkinan ceritanya benar. Apalagi dia membawa palu yang mirip Mjolnir, tapi tidak memiliki kekuatan magis.

Dia menjadi penghianat karena membawa Vote Loki dan pasukannya ke tempat persembunyian rahasia Classic Loki, yang menyebabkan pertarungan sengit di antara para Loki. Tidak dijelaskan apakah Boastful Loki selamat dari pertarungan tersebut atau tidak karena adegan pertarungan itu adalah terakhir kali dia terlihat di layar.

8. Frost Giant Loki

varian Loki yang ada di MCU

Varian Loki ini, termasuk semua varian Loki di MCU lainnya, diperlihatkan kepada kita secara singkat saat Mobious mengintrogasi Loki 2012 disebuah ruangan di Loki Musim 1 Episode 2. Frost Giant Loki sepertinya adalah varian dari Loki yang dalam timeline-nya, tidak pernah tinggal dengan Odin. Salah satu varian Loki di MCU ini mirip dengan karakter di episode 3 What If… yang dirilis pada tahun 2021.

9. Tour de France Loki

varian Loki yang ada di MCU

Varian Loki ini cukup berbeda dari yang lain. Varian ini terlihat seperti pengendara sepeda yang baru saja memenangkan Tour de France. Tidak ada keterangan lebih lanjut dengan varian ini. Namun dari hologram di samping varian ini terlihat kalau ia berasal dari Universe L1247.

10. Hulk Loki

varian Loki yang ada di MCU

Varian ini terlihat seperti perpaduan antara Frost Giant dan Hulk. Mungkin saja di timeline-nya, Loki, karena nafsu akan kekuasaan ia menggunakan sihir Asgardian untuk menggabungkan DNA Hulk ke dalam dirinya dan berubah menjadi versi dirinya yang ini. Kita tidak tahu apa latar belakang dari monster Loki ini karena penjelasannya tidak ada.

Jika kita berbicara tentang mitos atau mitologi, bangsa Viking bukanlah satu-satunya yang memiliki Dewa Kenakalan. Di seluruh dunia, budaya yang berbeda memiliki Tuhan dengan gambaran yang sama dan salah satunya berasal dari mitos Yunani. Orang Yunani memuja makhluk yang hidup di Gunung Olympus sebagai dewa dan salah satunya adalah Pan.

11. Trickster Loki

Frost Giant

Jika kita berbicara tentang mitos atau mitologi, bangsa Viking bukanlah satu-satunya yang memiliki Dewa Kenakalan. Salah satu bangsa yang juga memiliki dewa yang mirip adalah Yunani. Orang Yunani memuja makhluk yang hidup di Gunung Olympus sebagai dewa dan salah satunya adalah Pan.

Pan adalah putra Hermes dan Dewa Alam Liar. Dia memiliki janggut panjang, tanduk, dan rambut panjang. Tidak ada penjelasan apakah ia Pan dari dewa Yunani, namun dari penampilan, nampaknya Trickster Loki terinspirasi dari mitologi ini.

12.Viking Loki

varian Loki yang ada di MCU

Salah satu varian Loki di MCU di  ini adalah referensi lain dari mitologi Viking. Bangsa Viking mengira Asgardian adalah Dewa mereka dan memuja mereka, kepercayaan ini mendapat anggukan dalam komik Mighty Thor, Edisi 6. Dalam komik tersebut, seorang Viking bernama Bodolf membawa anak buahnya berperang dan berdoa kepada Thor untuk kemenangan , tapi dia tidak datang membantu Bodolf  hingga akhirny akalah perang.

Bodolf kemudian berdoa kepada Loki untuk membalas dendam kepada Thor. Loki lalu mendatanginya dan memberi Bodolf darah naga untuk diminum yang akan memberinya kekuatan seperti Loki sendiri. Bodolf mengkonsumsi darahnya dan menjadi sangat kuat tetapi, sebagai akibatnya, dia kehilangan seluruh sifat kemanusiaannya. Varian Loki ini dimodelkan seperti Bodolf di komik tetapi merupakan varian dari Loki sendiri.

Itulah 12 varian Loki di MCU. Meski sebagian besar karakter hanya memiliki informasi yang sedikit, namun cukup menggambarkan jika ada banyak Loki di Marvel Universe. Kalau kamu suka dengan karakter yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar