Siapa Karakter Utama di My Hero Academia?

Midoriya karakter protagonis

Menjadi protagonis memiliki banyak tanggung jawab dan beban berat di anime, terutama di anime Shonen. Tokoh protagonis tidak hanya bertugas membawakan sebagian besar cerita, tetapi mereka biasanya merupakan salah satu wajah pertama yang dikenal oleh penonton.

Kisah mereka adalah kisah yang seharusnya menjadi jangkar utama untuk sisa seri dan menjaga semuanya berpijak pada satu tujuan. Luffy ingin menjadi Raja Bajak Laut, Naruto ingin menjadi Hokage dan Midoriya ingin menjadi pahlawan.

Berbicara tentang Midoriya, anime My Hero Academia memiliki sedikit perbedaan dalam hal penunjukan karakter utamanya. Biasanya arc pada anime Shonen menyoroti karakter utama, namun hal itu tidak terjadi pada arc My Hero Academia. Anime ini sering kali tidak membahas tentang Midoriya sama sekali.

Hal itu membuat sebagian besar alur My Hero Academia memiliki protagonis yang berbeda. Masing-masing protagonis menghadirkan sesuatu yang unik dan menceritakan kisah yang sangat berbeda dari kisah Midoriya yang menjadi “pahlawan terhebat”.

Apa yang Membuat Karakter Menjadi Karakter Utama?

Midoriya karakter pendukung?Midoriya karakter utama

Sebelum mengungkap siapa karakter utama My Hero Academia, kita harus tahu dulu tentang arti dari karakter utama atau protagonis. Kata protagonis berasal dari bahasa Yunani, diterjemahkan dari “prôtos” yang berarti “pertama” dan “agōnistḗs” yang berarti “aktor” atau “pesaing”. Ide protagonis dalam konsep modern berasal dari dramawan Yunani.

Pahlawan: Pahlawan protagonis biasanya ditentukan oleh sifat mulia atau “heroik”, seperti keberanian, kekuatan, atau kehormatan. Mereka cenderung mewakili moral yang paling dihargai dalam suatu masyarakat.

Antihero: Antihero adalah protagonis yang tidak memiliki kualitas heroik; sering kali mereka lebih abu-abu secara moral dan lebih cenderung mengambil keputusan yang bertentangan dengan konvensi moral.

Baca juga  Seberapa Kuat Bentuk Terbaru Gohan di Dragon Ball?

Pahlawan Tragis: Pahlawan tragis lebih ditentukan oleh kisah dan keadaannya. Seringkali mereka membuat penonton merasa kasihan karena takdir atau keputusan yang buruk dari karakter tersebut.

Protagonis Penjahat: Protagonis penjahat adalah kebalikan dari protagonis pahlawan. Mereka adalah tokoh protagonis yang mengarahkan cerita ke arah kesimpulan yang buruk dan meminta penonton untuk mendukung mereka meskipun mereka kurang memiliki pedoman moral.

Protagonis Pendukung: Protagonis pendukung adalah karakter yang mendapat porsi kecil dibandingkan dengan cerita yang terjadi di sekitar mereka. Mereka seringkali tidak terlalu terlibat dengan aksi utama cerita dan bertindak sebagai pengamat. Contoh yang bagus adalah Koichi di bagian empat JoJo’s Bizarre Adventure.

Kembali ke My Hero Academia, anime ini cukup sering menggunakan contoh protagonis yang berbeda ini dan cukup sering mengocok posisinya sepanjang arc. Midoriya memang sering kali muncul menjelang akhir sebagian besar arc. Namun ia kebanyakan berperan sebagai protagonis pendukung.

Berdasarkan artikel di atas, menutut kalian Midoriya apakah menjadi karakter protagonis layaknya Luffy di One Piece atau Gon di Hunter x Hunter?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *