7 Komik Joker Terbaik, Nomor 5 Ada Campur Tangan Colorist Indonesia

deable duo salah satu komik joker terbaik

Sejak kemunculannya, Joker mampu menjadi penjahat super paling ikonik di Batman. Ia bertanggung jawab atas kekejaman yang tak terhitung jumlahnya terhadap keluarga besar Batman dan kekacauan Kota Gotham. Meski tanpa kekuatan super yang menonjol, Joker membuktikan dirinya sebagai penjahat kelas dunia, yang mampu menghadapi Justice League. Tak heran kalau ada banyak komik Joker terbaik, dan 7 diantaranya ini wajib kamu baca.

The Clown Prince of Crime secara psikologis sama populernya dengan Batman. Dia adalah bintang dari banyak cerita terhebat Batman. Setiap kali Joker muncul di komik, dia menarik perhatian semua orang, tetapi beberapa kisahnya di komik cukup menonjol. Berikut ini 7 komik Joker terbaik yang wajib dibaca penggemar seperti dilansir CBR.

7. The Joker War

the joker war, komik terbaik joker

Meskipun tidak sesuai dengan alur cerita Joker yang berfokus pada Snyder dan Capullo, The Joker War karya James Tynion IV adalah cerita thriller yang menarik. Diilustrasikan oleh Tony Daniel, Guillem March, dan Jorge Jiménez, Clown memunculkan skema yang telah lama dirancang untuk mengambil kendali atas Gotham dengan pasukan, membuat Dark Knight menjadi sangat kesulitan.

Komik yang diterbitkan tahun 2020 ini dianggap sebagai arc besar pertama Batman di  di DC Rebirth. The Joker War merupakan bagian cari cerita utama Batman (vol. 3) #95–100, sementara 16 terbitan lainnya saling berkaitan. Joker berusaha menghancurkan reputasi Bruce Wayne di Gotham City . Banyak ulasan positif untuk seni, aksi, dan cerita. The Joker War juga terkenal karena menampilkan Punchline, karakter baru DC Comics yang menjadi antek sekaligus kekasih baru Joker.

Baca juga  Di Komik JLA/Avengers, Thor Melawan Superman. Siapa yang Menang?

6. Death Of The Family

Scott Snyder adalah salah satu penulis Batman paling berbakat di era modern. Karena ia dan seniman Greg Capullo membuat cerita Death Of The Family yang dianggap sebagai salah satu cerita paling konsisten di kisah-kisah Joker beberapa tahun ke belakang. Setelah Joker diyakini mati, Scott Snyder dan Greg Capullo membawa kembali The Clown Prince of Crime dalam kisah yang klimaks.

Death of the Family menceritakan penampilan yang lebih kejam dari The Clown Prince of Crime yang mengambil pendekatan tanpa basa-basi terhadap rencananya. Joker tampil lebih gelap dan radikal, itulah yang membuat kisah penjahat Batman ini begitu menonjol. Joker terlihat seperti monster yang mengerikan. Mempertaruhkan nyawanya saat dia mengintai tubuh dan pikiran Keluarga Batman.

5. The Deadly Duo

deable duo salah satu komik joker terbaik

Salah satu kesuksesan penerbit Black Label baru-baru ini adalah Batman & The Joker: The Deadly Duo yang dibuat oleh Marc Silvestri dan Arif Prianto. The Dark Knight dengan enggan bekerja sama dengan The Clown Prince of Crime ketika Harley Quinn dan Komisaris Gordon ditawan oleh sosok misterius dengan rencana yang lebih jahat.

Komik Joker berjudul The Deadly Duo secara visual memukau berkat guratan pensil Silvestri dan pewarnaan Prianto yang berpuncak pada kisah neo-noir supernatural yang suram. Selain adanya penjahat baru yang mendebarkan, seri terbatas ini juga menghadirkan dinamika yang sangat menghibur antara Batman dan Joker, yang juga menyoroti obsesi Joker terhadap Caped Crusader.

4. The Joker’s Five-Way Revenge

The Joker's Five-Way Revenge

Salah satu ciri komik Zaman Perak adalah sifat campiness atau cerita yang dibesar-besarkan secara tidak masuk akal. Sayangnya karena hal itu kisah Batman sering tidak bertahan lama. Jika Batman ingin sukses, seseorang perlu menciptakannya kembali, dan mendiang Dennis O’Neill mengambil peran ini. Salah satu upaya awalnya terhadap Batman adalah The Joker’s Five-Way Revenge.

Baca juga  Siapa Pengganti Superman Terbaik Jika Clark Kent Tewas Secara Permanen?

The Joker’s Five-Way Revenge dipuji sebagai kelahiran kembali The Clown Prince of Crime, karena ia menata ulang karakternya dengan sisi yang lebih jahat dan selera humor yang tidak wajar. Ini cukup berbeda dibandingkan dengan Joker yang digambarkan seperti orang iseng yang umumnya tidak berbahaya dan lucu di tahun 60an. Sesuai dengan judulnya, Joker’s Five-Way Revenge adalah kisah balas dendam yang sengit ketika penjahat tersebut menargetkan lima mantan rekannya.

3. No Man’s Land: Endgame

komik joker terbaik

Pada tahun 90an, alur cerita No Man’s Land adalah salah satu buku Batman yang paling produktif bersama dengan Knightfall. Ditulis oleh tim penulis dan seniman yang mencatat Keluarga Kelelawar yang mencoba menyelamatkan Gotham setelah gempa bumi, subcerita Endgame menggambarkan Joker melakukan salah satu kejahatan paling keji.

No Man’s Land: Endgame menjadi komik Joker terbaik karena bacaan yang suram dan menegangkan dari premis keseluruhannya. Karena alur cerita membawa pulang atmosfer putus asa yang dialami para pahlawan. Klimaksnya membuat kisah yang melelahkan ini menjadi cerita yang saling berkaitan. Cerita ini juga entah bagaimana berhasil membuat Joker menggandakan kengerian The Killing Joke.

2. A Death In The Family

A Death In The Family

Semua penggemar lama Batman tentu memiliki karakter Robin favorit. Namun dari semuanya Robin versi Jason Todd adalah yang paling tidak populer. Hal ini menjadi sangat jelas ketika tak ada teriakan dari para penggemar saat Jason Todd tewas dibunuh oleh Joker dalam salah satu komik Joker terbaik berjudul A Death in the Family karya Jim Starlin dan Jim Aparo .

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa pembunuhan Jason Todd kurang penting dalam kontinuitas saat ini. Apalagi dia kembali sebagai Red Hood yang antiheroik. Namun, ini adalah kisah yang jelas bagi kehidupan Batman. Joker mengambil keuntungan dari semangat dan kemarahan Robin yang berlebihan. Membawanya ke dalam perangkap untuk diserang. Bahkan Batman sendiri menganggap kematian Jason sebagai kegagalan terbesarnya.

Baca juga  5 Karakter DC yang Bisa Mengalahkan Black Adam

1. Soft Targets

Soft Targets salahs atu komik terbaik Joker

Dibuat oleh Ed Brubaker bekerja bersama dengan penulis Greg Rucka dan artis Michael Lark, kisah ini lebih merupakan drama polisi GCPD daripada alur cerita yang berfokus pada Dark Knight, tetapi tidak mengherankan jika Joker menjelajahi halaman-halamannya.

Soft Targets menggambarkan Joker melalui lensa GCPD. Ini adalah drama kriminal yang mendebarkan dan cara unik dalam memandang terorisme Joker yang kacau balau. Melihat The Clown Prince of Crime dalam sudut pandang baru ini membuatnya seperti penjahat papan atas yang berhak mendapatkan perhatian dunia.

Itulah sederet komik Joker terbaik. Karakter ini memang menjadi penjahat yang sangat populer di dunia DC. Jadi tak heran kalau ia memiliki filmnya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar