Weathering With You: Karya Seni Visual dan Naratif! Wajib Kamu Tonton

Jangan mengaku menjadi wibu jika masih belum menonton Weathering With You. Weathering With You adalah film anime Jepang yang dirilis pada tahun 2019, yang disutradarai oleh Makoto Shinkai, yang juga dikenal sebagai pembuat film anime Your Name.

Film ini menceritakan kisah cinta antara Hodaka, seorang remaja laki-laki yang melarikan diri dari rumahnya di pulau terpencil, dan Hina, seorang gadis yang memiliki kemampuan untuk menghentikan hujan dan membersihkan langit. Weathering With You juga menggambarkan keindahan dan kerumitan hubungan manusia, alam, dan masyarakat di tengah perubahan iklim yang mengancam.

Latar Belakang dan Inspirasi

Weathering With You

Makoto Shinkai terinspirasi untuk membuat film Weathering With You setelah mengalami musim hujan yang panjang dan lebat di Tokyo pada tahun 2017. Ia merasa bahwa hujan memiliki makna simbolis yang kuat, baik sebagai sumber kehidupan maupun sebagai ancaman bagi eksistensi manusia.

Ia juga ingin mengeksplorasi tema tentang bagaimana manusia beradaptasi dengan perubahan lingkungan, dan apakah mereka harus mengorbankan sesuatu untuk mencapai kebahagiaan. Shinkai juga terpengaruh oleh karya-karya seniman lain, seperti novel Never Let Me Go karya Kazuo Ishiguro, film Blade Runner karya Ridley Scott, dan lagu-lagu band Radwimps, yang juga menyumbangkan musik untuk film ini.

Selain itu, Ia juga melakukan riset mendalam tentang cuaca, agama Shinto, dan sejarah Tokyo untuk menciptakan dunia yang realistis dan fantastis.

Sinopsis dan Karakter Weathering With You

Weathering With You dimulai dengan Hodaka Morishima, seorang siswa SMA yang merasa tidak bahagia dengan hidupnya di pulau terpencil. Ia memutuskan untuk melarikan diri ke Tokyo, kota impian yang selalu ingin ia kunjungi.

Baca juga  Profil Dallas Liu Pemeran Zuko di Live Action The Last Air Bender, Punya Darah Indonesia

Namun, ia menemukan bahwa hidup di Tokyo tidak semudah yang ia bayangkan. Ia kesulitan mencari pekerjaan, tempat tinggal, dan makanan. Ia juga harus menghadapi hujan yang terus-menerus, yang membuat kota itu menjadi suram dan banjir.

Suatu hari, ia bertemu dengan Hina Amano, seorang gadis yatim piatu yang tinggal bersama adik laki-lakinya, Nagi. Hina memiliki kemampuan ajaib untuk menghentikan hujan dan membersihkan langit dengan berdoa di kuil-kuil Shinto.

Hodaka terpesona oleh kekuatan dan kebaikan Hina, dan ia membantunya untuk membuka bisnispenyihir cuaca“, yang menawarkan jasa untuk membuat cuaca cerah sesuai permintaan pelanggan.

Namun, kemampuan Hina ternyata memiliki konsekuensi yang besar. Setiap kali ia menggunakan kekuatannya, ia kehilangan sebagian tubuhnya menjadi air. Ia juga menjadi sasaran pihak berwenang, yang mencurigai bahwa ia terlibat dalam kasus penculikan anak. Hodaka pun bertekad untuk melindungi Hina dari bahaya, dan mencari cara untuk menyelamatkan hidupnya.

Sementara itu, Tokyo semakin terancam oleh hujan yang tidak berhenti-henti. Banjir semakin parah, dan banyak tempat menjadi terisolasi. Hodaka dan Hina harus memilih antara menyelamatkan diri mereka sendiri atau menyelamatkan kota yang mereka cintai.

Penerimaan dan Penghargaan Weathering With You

Anime ini mendapat penerimaan yang sangat positif dari penonton dan kritikus. Film ini menjadi film anime terlaris kedua di Jepang pada tahun 2019, setelah Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train. Selain itu, film ini juga berhasil menembus pasar internasional, dan mencapai penayangan di lebih dari 140 negara.

Film ini juga mendapat beberapa penghargaan, seperti Japan Academy Prize for Animation of the Year, Mainichi Film Award for Best Animation Film, dan Annie Award for Best Writing in an Animated Feature Production. Film anime Weathering With You juga menjadi perwakilan Jepang pertama yang dipilih untuk kategori Best International Feature Film di Oscar. Meskipun tidak masuk nominasi akhir.

Baca juga  3 Link Nonton Anime Solo Leveling Sub Indo, Gratis dan Legal

Jadi penasaran untuk nonton Weathering With You? Kamu bisa menontonnya langsung di layanan steraming kesayanganmu. Selamat bersenang-senang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *