Berapa Kali Spider-Man Tewas di Marvel Comics?

Spider-Man tewas bukanlah hal aneh di dunia Marvel. Sebagai seorang pahlawan super, dia menerima bahaya yang datang jika melindungi orang yang tidak bersalah. 

Meskipun ia telah mengalami banyak kesulitan, ia telah bertahan dan selamat dari ratusan petualangan yang berani. Meski terdengar aneh, Spider-Man sebenarnya telah mati berkali-kali.

Beruntung baginya, Marvel telah membatalkan sebagian besar kematian ini, baik melalui distorsi waktu, campur tangan ilahi, atau bahkan transformasi fisik.

Kematian yang Berulang

Spider-Man menjalani karir yang panjang tanpa pernah meninggalkan kehidupan fana, tetapi kematian pertamanya cukup biasa.

Spidey mencoba menyelamatkan seorang gadis muda dari kecelakaan mengejutkan di Spider-Man #17 (Ann Nocenti, Rick Leonardi, Al Williamson, dan Chris Eliopoulos), tetapi Spider-Man tewas dalam ledakan berikutnya.

Terperangkap dalam alam spiritual, ia bertemu dan dihidupkan kembali oleh entitas Kematian, yang mencatat tujuan heroiknya dan merasakan bahwa ia masih memiliki urusan yang belum selesai.

Kematian Wall-Crawler berikutnya terjadi di tangan Terraxia, pembawa berita Thanos, di Infinity Gauntlet #4 (Jim Starlin, George Pérez, Ron Lim, Josef Rubinstein, dan Jack Morelli).

Kekuatan super Spidey terbukti tidak sebanding dengan musuh galaksi mahakuasa seperti Thanos dan para letnannya. Untungnya, Nebula membatalkan kehancuran ini dengan menggunakan Infinity Gauntlet untuk memundurkan waktu 24 jam.

Hal ini membangkitkan kembali Wall-Crawler dan rekan-rekan pahlawannya yang juga telah dibantai, memungkinkan Spidey untuk bergegas memperbaiki masalah kematian.

Cinta Mary Jane Membawa Spider-Man Kembali Dari Kematian

Di antara banyaknya klon dan virus yang mematikan, pertengahan tahun 1990an adalah masa yang berbahaya bagi Web-Slinger.

Baca juga  Apakah Scarlet Witch MCU Benar-benar Mati?

Dalam kurun waktu beberapa bulan, Spider-Man menghadapi kematian berkali-kali. Pertama, dalam Amazing Spider-Man (vol. 1.) #398 (JM DeMatteis, Mark Bagley, Larry Mahlstedt, dan Bill Oakley), Peter secara teknis mati di meja operasi Dokter Octopus.

Selama pengalaman mendekati kematian, Peter dibimbing menuju akhirat oleh hantu dari masa lalu. Namun, Peter teringat cintanya pada Mary Jane, yang memberinya kekuatan untuk terus berjuang.

Perawatan Doc Ock terbukti berhasil dan Spider-Man menerima kehidupan barunya, terlebih lagi ketika Mary Jane mengumumkan bahwa dia hamil anak mereka.

Beberapa bulan kemudian, Peter Parker kehilangan kekuatannya dan menyerahkan jubah Spider-Man kepada klonnya, Ben Reilly. Namun, tak lama Peter mengalami gejala yang tidak dapat dijelaskan, yang dia curigai mungkin merupakan bentuk degenerasi sel, karena Peter yakin dialah kloningnya pada saat itu.

Penyakit itu melanda Peter, dan Spider-Man kembali tewas di Spider-Man#71 (Howard Mackie, John Romita Jr, Al Williamson, dan Comicraft), dengan Mary Jane dan Ben berduka. Saat mereka keluar dari ruangan, mereka mendengar suara benturan dan tiba-tiba mereka melihat Peter berdiri dan kamar rumah sakit.

Spider-Man Pernah Digantikan Oleh Doctor Octopus

Amazing Spider-Man #700 (Dan Slott, Humberto Ramos, Victor Olazaba, dan Chris Eliopoulos) mungkin menampilkan kematian Peter Parker yang paling terkenal.

Dalam komik ini, dia mati setelah bertukar tubuh dengan Doctor Octopus yang sekarat. Doc Ock, yang menghuni tubuh muda Parker, akan menjadi Spider-Man Unggul untuk sementara waktu sampai roh Peter mendapatkan kembali tubuhnya setahun kemudian.

Melalui pengalaman tersebut, Peter memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang musuh lamanya dan semakin menghargai orang-orang dalam hidupnya.

Baru-baru ini, Peter menjadi sasaran puluhan kematian di tangan musuh supernaturalnya, Kindred, dalam Amazing Spider-Man.(vol. 5) #54 (oleh Nick Spencer, Mark Bagley, John Dell, Edgar Delgado, dan Joe Caramagna), tetapi tidak jelas apakah kematian ini nyata atau bagian dari halusinasi yang mengerikan.

Baca juga  9 Pahlawan Marvel yang Seharusnya Menjadi Penjahat

Apakah Berarti Jumlah Spider-Man Tewas Ada Banyak?

Sulit untuk menentukan secara pasti berapa banyak kematian yang dialami Spider-Man, karena dia juga mati berkali-kali dalam berbagai cerita What If.

Beberapa di antaranya dia telah dimakan oleh simbiot aliennya, ditembak oleh Red Skull, diledakkan saat bertarung dengan klonnya, dan bahkan dibunuh oleh Black Widow.

Berkali-kali ketika Spidey berada di ambang kematian, ingatannya tentang Mary Jane atau Bibi May mendorongnya maju dan memberikannya semangat untuk hidup kembali.

Setiap kali dia menerima kesempatan kedua dalam hidup, dia menerimanya dengan tujuan yang baru. Termasuk lebih menghargai orang-orang dalam hidupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar