Siapa yang Setara dengan Superman di Marvel Universe?

siapa yang mirip superman di marvel

Di tahun 1938, DC Comics menciptakan genre superhero. Dengan Jerry Siegel dan Joe Shuster sebagai penulisnya, karakter Superman pun muncul. Sosok yang dijuluki The Man of Steel mewakili ini bisa dibilang terbaik dari genre superhero.

Dimulai sebagai Kryptonian terakhir, ia dikirim sebagai seorang anak dari planet asalnya yang sekarat ke Bumi. Sang pahlawan tumbuh dengan kekuatan dewa, sel-selnya diperkuat oleh matahari Bumi.

Superman telah menjadi simbol pemersatu, baik di dunia DC maupun di dunia nyata, dengan simbol S-nya yang ikonik sebagai simbol harapan, kebenaran, dan keadilan.

Sebagai jantung dan jiwa dari DC Universe, keberadaan Superman menimbulkan pertanyaan, siapa sosok yang mirip di Marvel?

Banyak pahlawan di alam semesta Marvel yang cocok dengan optimisme sang pahlawan DC ini, tetapi ada beberapa ciri yang pas untuk benar-benar menemukan siapa yang cocok disandingkan dengan Superman.

Sosok yang Kekuatannya Mirip

Harus ada dua faktor utama yang bisa membuat karakter Marvel sama dengan Superman. Hal itu adalah level kekuatan dan nilai kehidupan yang ditanamkan.

Dalam hal kekuatan, kostum, dan alter ego, Thor alias Donald Blake sangat mirip dengan Superman dengan identitas rahasianya Clark Kent. Kedua pahlawan mengenakan kostum jubah. Bahkan asal usul mereka yang jauh dari Bumi menceritakan kisah serupa (sama-sama dari luar Bumi).

Namun, selain Thor, Mar-Vell juga mirip dengan analogi Superman yakni alien yang dikirim ke Bumi dan hidup di antara manusia. Namun kesamaannya berakhir di situ. Di mana Superman dikirim ke Bumi saat ia masih bayi dan tumbuh sebagai manusia biasa.

Baca juga  6 Animasi DC yang Dirilis Tahun 2023

Sementara Mar-Vell tiba di Bumi sebagai orang dewasa. Ia juga seorang pejuang dalam perang yang sedang berlangsung antara Kree dan Skrulls.

Tentang kelompok superhero Squadron Supreme, tim yang dibuat untuk menjadi parodi Justice League, Man of Steel diwakili oleh Hyperion. Namun, salah jika mengatakan pahlawan ini adalah jawaban Marvel yang sebenarnya untuk Superman.

Cerita Hyperion lebih mirip Injustice Superman daripada Prime Earth Clark Kent. Dengan penempatannya di luar 616 dan kurangnya kesamaan nilai dengan Man of Steel, Hyperion tidak layak disandingkan dengan Superman.

Dua Sosok Inlah yang Menanamkan Nilai-Nilai Superman di Marvel

Superman adalah seorang pahlawan yang mewujudkan nilai-nilai keberanian, kepemimpinan, kesopanan, dan kejujuran.

Superman diketahui memiliki kekuatan seperti dewa. Ia bisa saja menjadi penjahat tak terkalahkan, namun nilai moral yang dimilikinya tak akan mungkin membuatnya menjadi jahat. Beberapa pahlawan Marvel pun memiliki nilai-nilai tersebut.

Spider-Man dan Captain America adalah dua kandidat kuat untuk mencerminkan kepribadian Superman yang penuh inspirasi dan kepedulian. Dengan optimisnya memantau kejahatan New York, Spider-Man mirip Superman dengan kota Metropolis-nya. Namun itu hanya sebatas satu kota saja.

Jika petualangan Superman dengan Justice League-nya yang melindungi Bumi, mungkin Captain America lebih mirip. Aksi heroik Spider-Man dan kepeduliannya hanya sebatas kota. Sementara baik Superman ataupun Captain America mampu mewakili dunia.

Selain itu, baik Captain America dan Superman bersaing dengan cara sistem di sekitarnya tidak mencerminkan nilai-nilai mereka, kebenaran dan keadilan.

Captain America Mungkin Adalah Sosok yang Pas Disandingkan dengan Superman

Captain America dan Superman dapat diandalkan, dan orang mempercayai mereka untuk melakukan hal yang benar. Terlepas dari cerita seperti Secret Empire dan Injustice yang mengeksplorasi kejahatan yang dilakukan para pahlawan tersebut. Namun pada akhirnya, kebaikan selalu menang.

Baca juga  5 Karakter DC yang Bisa Mengalahkan Black Adam

Superman dan Captain America sama-sama mewujudkan nilai keuletan, harapan, kebenaran, dan keadilan. Dalam semangat, sulit untuk membantah kalau Capten America sebagai Superman Marvel, untuk apa yang mereka wakili di dunia masing-masing. Keduanya adalah karakter yang baik, menginspirasi, dan heroik.

Artikel ini diambil dari CBR.

https://www.penggemarvel.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar