Pencipta Karakter Black Widow Versi Yelena Belova Sebut Kontrak dengan Marvel Merugikan

Kemunculan karakter Black Widow Yelena Belova di Marvel Cinematic Universe (MCU) ternyata tidak berjalan dengan mulus. Pencipta karakter tersebut yakni Devin Grayson dan JG Jones mengatakan kontrak mengenai hak cipta dengan Marvel menyesatkan.

Berbicara kepada The Hollywood Reporter, dalam kontrak yang dibuat dengan Marvel tahun 2007, mereka berdua percaya akan mendapatkan USD 25 ribu masing-masing untuk penampilan Yelena di Black Widow.

Namun, Grayson mengungkapkan bahwa setelah menghabiskan berbulan-bulan bolak-balik dengan Marvel untuk pembayarannya, dia akhirnya hanya menerima sekitar USD 5 ribu pada bulan November tanpa penjelasan. 

Baca juga: Ethan Hawke Tak Tertarik Kembali ke Proyek MCU, Ini Alasannya

Meskipun Jones tidak membagikan secara spesifik jumlah bayarannya, artis tersebut mengonfirmasi angka yang mirip dengan apa yang telah diterima Grayson. 

“Setelah berbicara dengan sejumlah pencipta, penawaran keuangan Marvel tampaknya sedikit umpan dan peralihan,” kata Jones. “Mereka membuang sejumlah besar, lalu sedikit demi sedikit mereka mengurangi pembayaran yang sebenarnya.”

Grayson mengatakan sempat mencari tahu bagaimana Marvel memberi kompensasi kepada pencipta di belakang karakter. Grayson pun menemukan jika perjanjian yang dibuat menggunakan sistem yang rumit.

Perjanjian yang dikenal sebagai Perjanjian Karakter Khusus yang ditandatangani Grayson dan Jones pada tahun 2007, memberikan garis besar untuk sistem pembayaran awal Marvel jika Yelena muncul di media lain.

Menurut kontrak, Grayson akan menerima USD 25 ribu untuk penampilan film, USD 2 ribu untuk episode TV lebih dari 30 menit dan USD 1000 untuk episode TV 30 menit atau kurang. Untuk action figure, perjanjian tersebut memberinya hak USD 5000 untuk satu model yang dirilis dalam satu tahun, USD 10 ribu untuk dua model atau USD 25 ribu untuk tiga atau lebih model.

Baca juga  Sequel Kelima Sedang Dibuat, John Wick Hidup Kembali?

Namun Grayson menjelaskan jika kontrak itu menyesatkan karena jelas menyebutkan angka di atas kertas. Sehingga pihak pencipta karakter meras atergiur dengan tawaran yang dijanjikan.

Setelah rilis Black Widow pada tahun 2021, Yelena muncul di serial Disney+ Hawkeye untuk busur yang cukup besar. Namun, ketika Grayson menghubungi Marvel pada bulan Juli, dia diberitahu bahwa dia hanya akan menerima $300 per episode berdasarkan perhitungan Marvel.

Lanjut Baca: 

Anime Marvel Disk Wars: The Avengers yang Menggabungkan Pokemon dengan Henshin Hero

 

https://www.penggemarvel.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *